Membuat Installer (NSIS Installer) VB 6.0 + Crystal Repoprt

Attention : For dummy Programmer only

“Bingung nih mo buat installan aplikasi yg udah kubuat!!”. Aku dah coba cari di Om google yang muncul sih banyak banget tapi yang free sedikit sekali. Dari beberapa yang free akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan NSIS Installer. Setalah aku donlot NSIS-nya dan aku install aku jadi tambah bingung lagi gimana cara menggunakannya? huh’ aku coba baca sedikit manualnya ternyata membuatnya menggunakan script 😦 . Trus dari bawaannya ada sample-nya. Aku coba untuk pelajari scriptnya ternyata menyenangkan juga, jadi tambah semangat nih 🙂 . Continue reading Membuat Installer (NSIS Installer) »

VB 6.0 dengan PostgreSQL

Pada saat ini aku ingin mencoba membuat tutorial tentang bagaimana visual basic 6.0 terkoneksi dengan database postgreSQL. Walaupun vb 6.0 sudah usang tapi masih tetap powerful untuk membuat aplikasi yang tidak membutuhkan resource komputer yang tinggi, tidak seperti varian terbarunya (.NET).

Screenshoot

Pada dasarnya dalam membuat koneksi ke database postgreSQL sama saja, hanya yang membedakan adalah string koneksinya saja. kali ini aku menggunakan pgsqlodbc yang sudah terinstall di komputerku. Mungkin anda bertanya Kenapa tidak menggunkan SQL Server or MySQL?. SQL Server adalah punya microsoft yang tentunya tidak free dan pastinya harganyapun masih mahal. MySQL free tapi memiliki batasan record (klo gak salah hingga 4 GB) Continue reading VB 6.0 dengan PostgreSQL »